Belajar Affiliate Marketing dari Accesstrade, 5 Tips Sukses

Belajar Affiliate Marketing dari Accesstrade. Affiliate Marketing atau pemasara afiliasi kembali ramai diperbincangkan. Entah membangun pemasaran afiliasi dari sisi penjual yang ingin jualannya makin laris, atau juga di sisi publisher seperti blogger yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

Beberapa waktu lalu seorang teman menyarangkan saya mengikuti accestrade untuk ditampilkan di blog saya ini. Awalnya saya tidak kenal dan tidak paham apa itu affiliate marketing.

Setelah teman saya memberikan penjelasan, kemudian saya mengunjungi website accestrade dan mendaftarkan diri untuk mengikuti affiliate marketing. Tak berapa lama setelah membuat akun baru mendapatkan email konfirmasi approval.

Baca juga: Platform Kewirausahaan Nasional

Setelah diterima sebagai publisher accestrade dan diapprove untuk menjalankan campaign yang didaftarkan, ternyata masih blank langkah berikutnya apa?

Karena terbentur dinding penghalang itu akhirnya mundur teratur. Tidak pernah buka situs accestrade apalagi menjalankan campaign. Sampai kemudian ada email masuk tentang penawaran belajar affiliate marketing di accestrade academy.

Saya jadi ingat nasihat seorang kawan yang sukses berbisnis, investasi pertama yang harus dilakukan sebelum mengerjakan sesuatu adalah investasi isi kepala. Dalam hal ini, karena ingin menjalankan affiliate marketing, maka mau tak mau harus mengisi kepala dengan pengetahuan dan wawasan tentang affiliate marketing.

Baca juga: Beasiswa Digital Talent Scholarship Kominfo 2021

Apa Itu Accesstrade

Accestrade adalah jaringan affiliate marketing CPA pertama yang saya kenal. Jaringan pemasaran afiliasi ini mulai beroperasi di Jepang pada 1999. Pendirinya bernama Shiniciro Kawabata.

Sekarang Accesstrade telah menjadi alah satu jaringan afiliasi terbear di Jepang dan Asia Tenggara. Cabang Jakarta berdiri pada 2013. Selain Indonesia, mereka juga beroperasi di Thailand, Vietnam, Singapura, Malaysia, serta sejumlah negara lain. Saat ini Accesstrade mendukung lebih dari 8500 advertisers dan 790 publisher.

Untuk advertiser, Accesstrade membantu menghubungkannya dengan publisher dalam jaringan affilate marketingnya. Untuk publisher, Accesstrade memastikannya mendapatkan komisi dengan sistem pendukung lengkap mulai dari pelacakan integrasi hingga proses pembayaran.

Baca juga: Redmi 9T Si Jawaranya Baterai Gede

Siapa Bisa Belajar Affiliate Marketing

Accesstrade longgar dalam menerapkan kebijakan siapa yang bisa menjadi publisher. Blog saya pertama kali mendaftar merupakan blog gratisan yakni blogspot. Ketika saya tanyakan visitornya sangat rendah hanya ratusan per hari dan link campaign yang saya pasang sebulan tidak menghasilkan konversi, mereka menjawab, terus kembangkan suatu saat akan besar.

Iya juga. Blog saya yang berbasis blogspot sampai sekarang masih terdaftar di accesstrade tapi tidak lagi saya pasang link campaign pemasaran afiliasi. Blog itu sekarang fokus monetisasi dengan google adsense.

Setelah mendapatkan penghasilan pertama dari Google adsense saya mencoba berinvestasi dengan platform yang harus mengeluarkan duit untuk menjalankannya, yaitu wordpress. Setelah sedikit belajar mengenai bagaimana menjalankan internet marketing, saya yakin dengan blog berbayar ini akan lebih optimal dalam menjalankannya.

Seiring proses belajar, ada baiknya sari pati materinya kita tuliskan di sini sebagai pengingat dan juga penyemangat belajar dalam menyelami dunia digital marketing lebih luas.

Baca juga: Xiaomi Redmi 9A, Smartphone Sejutaan Terbaik

Bagaimana cara affiliate marketing Accesstrade

  1. Kunjungi situs Accesstrade di https://accesstrade.global/publisher
  2. Pilih negara untuk memulai pendaftaran
  3. Pilih jenis publisher. Accestrade menerima publisher individual seperti blogger maupun korporate.

Setelah mendaftar dan pendaftarannya disetujui, kita mendapatkan email notifikasi. Selanjutnya lengkapi data pribadi seperti nomor telepon, alamat rumah, dan informasi rekening bank di pengaturan akun.

Belajar Affiliate Marketing dari Accesstrade

Apa itu campaign?

Sebuah campaign adalah upaya marketing online sebuah perusahaan untuk mendatangkan hasil atau revenue, teknisnya berupa trafik, engagement, konversi.

Perusahaan yang menjalankan campaign disebut advertiser. Advertiser membayar biaya promosi dan publisher bisa mendapatkan komisi sesuai tugas dalam campaign.

Baca juga: Samsung Galaxy Note 20 Ultra Mewah dan Indah

Mulai Menjalankan Promosi

Setelah pendaftaran campaign diapproved oleh advertiser, selanjutnya publisher mendapatkan link campaign. Untuk melihatnya tentu lewat dashboard publisher di accesstrade. Sudah mendaftar kan, kalau belum silakan mendaftar dulu di sini.

Di dashboard ada beberapa opsi affiliate link yang bisa kita pasang di blog atau website. Untuk mengetahui mana yang tepat dan efektif mendapatkan konversi tentu harus dites atau diuji langsung. Kita perlu cek ombak!

  1. Quick Links
    Quick Links adalah link yang mengarah langsung ke halaman utama campaign yang disediakan oleh advertiser.
  2. Banner
    Kita bisa menempatkan banner yang di dalamnya ada affiliate linkberisi pesan promosi dalam campaign yang kita ikuti.
  3. Custom Creative
    Publisher bisa memilih mau mengarahkan link ke mana, bisa ke produk spesifik dalam situs advertiser yang menjalankan campaign.
  4. Link Teks
    Bisa juga disebut dengan hyperlinks. Ini seringkali disebut dengan istilah Hyperlinks Campaign Tools.

Baca juga: Smartphone Samsung Termahal di Indonesia, Lebih Mahal dari Mobil Second

Bagaimana Kita Mendapatkan Bayaran?

Jenis-jenis link di atas adalah teknis dalam menjalankan affiliate marketing. Nah, sekarang perlu kiranya kita membahas bagaimana sih model bisnisnya?

Ada beberapa cara sistem pembayaran untuk affiliate, di antaranya sebagai berikut.

  1. Pay per sale

Campaign ini, merchant membayar affiliate atau publisher dengan sejumlah persentase dari harga penjualan produk yang terjual melalui linknya.

  1. Pay per lead

Sistemnya hampir sama, tapi tidak sampai terjadi penjualan. Affiliate akan mendapatkan komisi ketika sudah berhasil mendatangkan leads. Bentuk leads antara lain mendaftar menjadi member website, berlangganan newsletter, mengunduh dan menginstall app.

  1. Pay per Click

Sistem ini relatif lebih mudah bagi publisher karena cukup untuk mendapatkan komis dengan cara mengarahkan konsumen menuju website merchant. Affiliate dibayar berdasarkan peningkatan trafik si advertiser.

Baca juga: Smartphone Realme 7 Mengusung 5G

5 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Affiliate Marketing Belajar dari Accesstrade

Ada 5 tips sukses menjalankan affiliate marketing yang saya sarikan dari artikel di blog accesstrade.

  • Mengenal Target Audiens
    Mulai karier affiliate marketing dengan mengelompokkan audiens berdasarkan sejumlah kategori hingga tergambar spesifik. Kalau sudah, tentukan niche yang tepat. Menjadi expert dalam satu bidang tertentu membuat kita punya otoritas dan lebih berpeluang laku ketika memberikan saran pengunjung web kita membeli sesuatu atau memilih produk yang tepat.
  • Melakukan Personalisasi
    Affiliat marketing itu intinya memberikan saran kepada orang untuk membeli barang atau menggunakan jasa. Akan lebih bagus bila kita telah mencobanya, atau setidaknya benar-benar paham dan mengerti kualitasnya sehingga tepat dan lebih dipercaya ketika memberikan saran.
  • Review Produk Barang dan Jasa
    Content review adalah kunci. Seorang affiliat marketer perlu membuat ulasan berkualitas mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Menggunakan Banyak Source
    Source yang dimaksud adalah metode untuk menjangkau audiens. Selain blog, bisa melalui media sosial, email marketing, promosi cross-chanel juga.
  • Selektif Memilih Produk
    Kita perlu selektif memilih produk yang tepat. Sebagaimana tips nomor dua tentang personalisasi, kita perlu memilih yang sungguh-sungguh bisa kita pelajar dan yakin ketika mempromosikannya.

Baca juga: Oppo Find X2 Pro, Smartphone 5G Pertama di Indonesia

Kesimpulan

Affiliate marketing makin populer sebagai salah satu model bisnis online. Minat menjalankannya makin tinggi seiring waktu baik di sisi perusahaan atau produsen sebagai advertiser maupun publisher mulai dari blog pribadi hingga media besar.

Affiliate marketing model bisnis dengan sistem pemberian komisi untuk jasa orang yang berhasil menjualkan barang atau mewujudkan goalnya. Merchant punya banyak goal, bisa meningkatkan trafik website, meningkatkan engagement, mengunduh dan menginstall aplikasi, hingga konversi baik berupa leads maupun sales.

Makin banyak yang bermain tentu kompetisi makin ketat. Bila banyak publisher yang menjalankan bisa jadi komisi menjadi kecil. Namun sebaliknya bila kompetisi di tingkatan produsen tinggi sementara publisher tak banyak, komisi bisa lebih tinggi.

Perlu kita terus memperbarui atau mengupdate informasi terkini terkait affiliate marketing yang kita ikuti. Investasi pertama yang perlu kita lakukan untuk memulai hal baru adalah investasi isi kepala. Kita bisa memulai belajar affiliate marketing secara benar melalui affiliate marketing academy dari accesstrade yang dapat Anda akses di sini.

Satu pemikiran pada “Belajar Affiliate Marketing dari Accesstrade, 5 Tips Sukses”

Tinggalkan Balasan

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.