Di era digital saat ini, desain grafis menjadi salah satu kebutuhan yang cukup tinggi terutama bagi para pengguna internet. Beragam informasi dapat disampaikan dengan menggunakan poster atau flyer. Membuat flyer dengan Canva merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghasilkan flyer menarik.

Sebelum membahas lebih lanjut cara membuat flyer dengan menggunakan Canva, ada baiknya untuk terlebih dahulu mengetahui apa itu Canva. Canva merupakan sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat flyer secara online. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Play Store bagi para pengguna Android. Jika tidak ingin mengunduhnya, maka aplikasi ini dapat diakses pada desktop.

Langkah-langkah Membuat Flyer dengan Canva

Canva menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan karena beberapa kelebihan yang dimilikinya. Selain gratis, aplikasi ini juga mudah diakses dan praktis untuk digunakan. Canva menyediakan banyak sekali template yang dapat dipilih oleh pengguna tanpa harus repot memikirkan cara membuatnya. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membuat flyer dengan Canva.

1. Buka Aplikasi Canva

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi Canva. Masuk atau login terlebih dahulu pada aplikasi Canva. Jika belum pernah mendaftar pada aplikasi Canva, lakukan pendaftaran dengan menggunakan email dari Google (gmail) atau akun Facebook.

2. Pilih Template yang Sesuai

Setelah berhasil masuk ke aplikasi, langkah selanjutnya untuk bisa membuat flyer dengan Canva adalah memilih template yang akan digunakan. Tersedia ribuan template yang dapat dipilih dan digunakan. Semua template yang disediakan oleh Canva adalah gratis, sehingga tidak akan melanggar hak cipta atau akan dikenakan royalti jika menggunakannya.

Jika ukuran atau dimensi yang diinginkan berbeda dengan dimensi yang tersedia dalam template, maka dapat ditentukan sendiri dimensinya dengan menggunakan menu use custom dimension. Sesuaikan dimensi flyer dengan kebutuhan.

3. Pilih Warna Background

Setelah menentukan template yang hendak digunakan, maka warna latar belakang atau background dari flyer dapat disesuaikan. Pilih menu pattern atau warna untuk mengganti latar belakang sesuai dengan warna yang diinginkan.

4. Tambahkan Elemen yang Diperlukan

Tersedia banyak sekali elemen yang dapat digunakan untuk membuat flyer dengan Canva. Untuk mendapatkan elemen yang diinginkan, dapat mencarinya melalui kolom pencarian atau search. Selain elemen-elemen yang sudah disediakan, dapat juga ditambahkan foto atau gambar milik sendiri yang ada pada memori ponsel atau desktop.

Baca Juga : Tutorial Menggunakan Kinemaster di Android, Edit Video Keren

Pada tahap ini, dapat juga ditambahkan teks yang diperlukan. Jenis font, ukuran dan warnanya dapat diubah sesuai dengan keperluan. Tersedia banyak jenis font yang dapat dipilih. Sebaiknya sesuaikan jenis font yang digunakan dengan tujuan pembuatan flyer.

5. Simpan dan Unduh

Langkah terakhir dalam membuat flyer dengan Canva adalah menyimpan dan mengunduh flyer yang telah selesai dibuat. Simpan flyer yang telah selesai dibuat agar bisa digunakan lagi sewaktu-waktu diperlukan.

Pastikan flyer yang dibuat telah sesuai dengan yang diinginkan dan tidak ada kesalahan penulisan sebelum mengunduhnya. Jika flyer telah diunduh dan ternyata ada kesalahan, maka harus kembali lagi untuk memperbaikinya.

Canva tidak hanya digunakan untuk membuat flyer. Aneka desain dapat dibuat dengan menggunakan aplikasi ini, seperti misalnya membuat desain untuk diunggah di media sosial, desain presentasi, infografis hingga desain untuk menjadikan quote yang dibuat menjadi tampil menarik.

Perlu latihan dan eksplorasi terhadap menu-menu yang disediakan oleh Canva agar desain yang dihasilkan semakin menarik. Aplikasi Canva dapat diakses dengan menggunakan PC ataupun ponsel sehingga sangat fleksibel penggunaannya. Siap membuat flyer dengan Canva? Yuk segera unduh aplikasinya agar dapat membuat desain apik kapanpun dan dimanapun.

Join the Conversation

1 Comment

Leave a comment

Tinggalkan Balasan