Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Popularitas tak datang dengan sendirinya. Ada usaha dan kerja keras di baliknya. Di mana pun. Panggung hiburan, jagat politik, juga di dunia maya. Butuh usaha dan kerja keras agar sebuah website atau blog populer. Salah satu teknik mempopulerkan website atau blog adalah Search Engine Optimization atau SEO.

Belakangan populer di kalangan blogger bahwa untuk mendapatkan popularitas website dalam halaman hasil pencari sehingga mendapatkan traffic tinggi adalah dengan mendapatkan backlink sebanyak-banyaknya. Iya, backlink memang penting.

Tapi, kalau backlink yang didapat tidak berkualitas atau justru tinggi prosentase spamnya, hasilnya justru negatif. Lantas, bagaimana agar mendapatkan backlink yang baik dan berkualitas? Kita tahu, SEO yang baik adalah tiket sebuah blog menjadi populer. Ada dua pendekatan utama, yaitu On Page dan Off Page SEO.

Photo by Pixabay on Pexels.com

Apa Itu On Page SEO?

On Page SEO adalah teknik optimasi daleman website. Konten is a King adalah kunci dalam teknik ini. Konten yang human friendly sekaligus bot friendly. Enak dibaca oleh manusia. Juga gampang dimengerti perayap mesin pencari sehingga nongol teratas di hasil pencarian.

Sebuah konten muncul di posisi teratas tentu karena mesin pencari menganggapnya relevan dengan apa yang dicari orang. Konten dianggap relevan dengan apa yang diketikkan orang di kolom pencarian. SEO secara teknikal adalah bagaimana menempatkan kata kunci di antara kode HTML yang tepat. Kita bahas di tulisan lain ya.

Photo by Antonio Batinić on Pexels.com

Kenapa menuliskan konten? Karena saat ini mesin pencari tak hanya menampilkan tulisan atau artikel dalam halaman pertama pencarian, tapi juga gambar dan video. Semua konten dalam blog, baik tulisan, gambar, maupun video harus dioptimasi.

Apa Itu Off Page SEO?

Off Page SEO adalah teknik optimasi dari luar website atau blog. Bahasa mudahnya adalah promosi. Sebagaimana kalau pebisnis memerlukan testimoni sebagai bagian strategi marketing, begitu juga blog butuh semacam testimoni dari blog atau website lain agar populer di mata mesin pencari.

Google memasukkan backlink dan sinyal brand dalam list faktor penting pendorong rangking sebuah website. Makin banyak backlink dan brand makin sering disebut, posisi dalam hasil pencarian makin bagus.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Setelah konsep E-A-T, Google juga memperkenalkan konsep YMYL. Apa itu? E-A-T adalah akronim dari Expertise, Authority, dan Trustworthiness. Sementara YMYL akronim dari Your Money Your Life. Kedua konsep ini lahir setelah Google merilis Search Quality Evaluator Guidelines pada 2015.

Google terus menyempurnakan algoritmanya. Sebelum 2015, hasil pencarian kerap didominasi web-web spam yang menang dalam SEO karena lebih dimengerti bot perayap. Konsep E-A-T dan YMYL di atas maksudnya mesin pencari Google akan lebih mengedepankan website yang berguna untuk pengguna.

Tetap saja, hasil pencarian berbasiskan kerja mesin. Tapi machine learning yang sudah makin pintar. Kalau masih ada yang terlewat, Google tak segan-segan melakukan penalti dengan review manual oleh manusia terhadap website yang mencurigakan.

Nah, dari sini kita sudah mendapatkan poinnya. Bahwa agar sebuah blog populer tak semudah hanya dengan memperbanyak backlink atau melakukan spamming.

Backlink Berkualitas dari Konten Bermutu

Photo by Moose Photos on Pexels.com

Backlink harus berkualitas, kalau tidak justru berujung negatif. Seperti pada pembukaan artikel ini, di mana pun perlu usaha dan kerja keras untuk meraih popularitas.

Sebuah blog yang ingin populer membutuhkan kerja keras dengan membuat konten berkualitas, berguna bagi pembaca, memberikan nilai lebih.

Konten yang berguna akan dirujuk oleh pembaca yang mungkin juga seorang blogger sehingga dikutip dan etika mengutip adalah mencantumkan sumbernya. Blog Anda akan mendapatkan backlink berkualitas dengan cara seperti ini.

Pembaca juga tak segan-segan membagikan tulisannya di media sosial bila berguna atau ada nilai lebih buat orang membagikannya. Ini akan menaikkan sinyal brand atau setidaknya memberikan sinyal sosial bahwa kontennya ramai jadi pembicaraan atau bahan diskusi di media sosial.

Menggunakan jasa backlink berkualitas bisa dipertimbangkan agar website makin populer. Situs yang mempertemukan para blogger dan advertiser semacam mediabacklink bisa digunakan.

Di sana para pebisnis bisa melakukan promosi misalnya saja kerja sama review produk. Mereka bisa menawarkan kerja sama semacam itu ke blogger. Dan blogger yang mendaftar di mediabacklink berpeluang mendapatkan tawaran kerja sama.

Bila ada tawaran review produk misalnya, blogger bisa menerima atau menolak bila tak berkenan. Misalnya saja tak berkenan karena permintaan advertiser beda terlalu jauh dengan niche blognya.

Tinggalkan Balasan

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.