Telegram merupakan satu jenis aplikasi chating yang pernah membuat gerah pemerintah. Pasalnya fitur secret chat dan destruc dapat menghapus pesan menggunakan timer. Fitur ini diblokir karena memiliki sistem keamanan yang sangat rapat sehingga chating tidak dapat disadap. Selain bisa digunakan melalui ponsel, telegram web juga bisa kamu akses di PC atau laptop.

Pavel Durov sebagai pendiri telegram pun mengklaim bahwa aplikasi ini memiliki sistem keamanan end to end encryption yang lebih baik dari whatsapp. Sistem tersebut membuat hacker, perusahaan atau pemerintah tidak dapat mengakses percakapan. Obrolan chating hanya bisa dilihat oleh kedua pihak yang bersangkutan yaitu penerima dan pengirim pesan.

Meskipun pada umumnya telegram digunakan melalui ponsel, namun jangan salah telegram  web juga bisa kamu gunakan melalui PC atau laptop. Alternatif ini dapat kamu lakukan saat ada pesan penting yang harus dikirim tetapi ponsel mati. Namun, sebelum masuk, sebaiknya kamu ketahui dulu kelebihan dan kekurangan aplikasi ini.

Kelebihan Telegram Web

Telegram web merupakan alternatif dari aplikasi telegram di ponsel. Kamu dapat menggunakannya melalui PC atau Laptop. Dengan demikian fitur dan kelebihannya tidak berbeda dengan yang ada di ponsel. Berikut ulasannya.

1. Dapat Diakses Melalui Beberapa Perangkat

Telegram web berbeda dengan whatsapp web. Jika whatsapp web, perangkat utama yaitu ponsel harus dalam keadaan hidup dan tersambung dengan internet sedangkan saat membuka telegram web kamu tidak perlu mengaktifkan perangkat utama.

2. Kapasitas Kirim File Besar

Kelebihan telegram selanjutnya adalah kemampuan mengirim file berukuran besar yaitu mencapai 1,5 GB. Tidak semua aplikasi perpesanan dapat melakukan hal tersebut. seperti halnya aplikasi bawaan facebook yang tidak menyediakan fitur tersebut sehingga harus menggunakan google drive.

3. Kapasitas Anggota Grup Banyak

Dapat menampung anggota mencapai 30ribu merupakan kelebihan telegram yang belum dimiliki oleh aplikasi perpesanan seperti whatsapp atau line. Selain itu, aplikasi ini akan mengupdate secara otomatis.

Kekurangan Telegram Web

Telegram versi web dan telegram yang ada diponsel tidak beda, hanya saja media yang digunakan tidak sama. Satu menggunakan aplikasi sedangkan yang lain menggunakan browser. Berikut beberapa kekurangan telegram:

1. Tidak Ada Fitur Stories

Meskipun pihak telegram tidak menyebutkan mengapa tidak menyediakan fitur untuk stories, namun ada kemungkinan bahwa aplikasi ini masih memegang erat bahwa privasi pengguna lebih penting.

Baca Juga : Cheat ML Terbaru yang Sering Digunakan

2. Tidak Ada Fitur Vidoe Call

Telegram yang merupakan aplikasi end to end encryption ini tidak memiliki fitur video call seperti yang disediakan oleh aplikasi dari facebook atau pun line. Yang mana kedua aplikasi tersebut sudah mengusung fitur video call sejak awal perilisannya.

Cara menggunakan telegram web melalui browser

Aplikasi berbasis cloud ini bisa diakses melalui browser. Sangat menguntungkan bagi kamu yang tidak ingin repot mengunduh aplikasi telegram. Nah, untuk mengetahui caranya kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Langkah pertama untuk menggunakan telegram web adalah dengan membuka atau mengunjungi laman telegram di komputer atau PC
  • Kemudian akan muncul pilihan negara, silakan pilih negara Indonesia
  • Masukkan nomor yang akan kamu daftarkan
  • Jika nomor sudah benar, kamu akan menerima 5 digit kode konfirmasi
  • Masukkan kode tersebut ke dalam web yang sudah disediakan
  • Setelah serangkaian langkah tersebut selesai, telegram sudah dapat kamu gunakan.

Demikianlah kekurangan dan kelebihan telegram web beserta cara menggunakannya melalui PC atau laptop. fiturnya yang tidak beda dengan telegram yang ada di ponsel membuat kamu tidak akan kesulitan. Nah, jika penasaran kamu dapat mencobanya sekarang.

Leave a comment

Tinggalkan Balasan