Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Performa Terjaga

Cara merawat laptop dan komputer – Sangat sering sebagian besar orang mengeluhkan mengapa laptopnya rusak. Mereka hanya dapat menggunakan laptop tanpa mengetahui cara merawatnya. Untuk itu, sangat disarankan agar Anda membaca artikel ini.

Bagaimana cara merawat laptop yang bagus? Jangan Main Game Berat Terlalu Lama. Memainkan game berat secara terus menerus adalah penyebab paling umum dari kerusakan laptop.

Kalau cuma main Farm Frenzy, pasti mau main sampai mata ‘ngeri’ tidak ada masalah. Spek udah pas-pasan, terpaksa main game berat, main terlalu lama. Laptop yang buruk. Jadi apa yang terjadi? Laptop akan menjadi terlalu panas.

Untuk Merawat Laptop kita harus mencegah hal ini dibiarkan terus menerus terjadi yang akan mengakibatkan terjadinya kevakuman pada hardware laptop.

Jauhkan Dari Sesuatu yang Basah. Laptop itu elektronik. Jadi ya, sangat anti air, terutama air yang mengandung mineral. Masalahnya, jika terkena air dengan kandungan mineral akan menimbulkan korosi pada bagian tertentu. Jika tingkat korosinya banyak, laptop Anda akan rusak. Tukang reparasi akan mengangkat tangannya.

Karenanya, saat menggunakan laptop, jauhkan dari barang-barang yang “basah”. Saya takut basahnya tumpah, menabrak laptop, lalu air masuk ke dalam. Terlihat sepele tapi sangat berbahaya untuk kondisi laptop. Karena jika laptop terkena air maka akan sulit untuk memperbaiki laptop apalagi jika terdapat banyak air di dalam laptop.

Jangan gunakan di kasur. Ini sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Meletakkan laptop di kasur saat digunakan bisa menghambat sirkulasi udara di dalam laptop. Akibatnya, perangkat keras internal akan menjadi terlalu panas dan seperti yang saya katakan sebelumnya, dapat mengakibatkan pengosongan.

Photo by Anna Shvets on Pexels.com

Bagaimana cara merawat laptop dengan benar?

Hal itu dikarenakan ketika laptop Anda digunakan di atas kasur atau di tempat yang tidak rata (menghambat keluarnya udara), maka udara panas yang dihasilkan laptop tidak dapat keluar dan mengganggu kinerja hardware dari laptop itu sendiri dan dapat membuat perangkat keras tersebut rusak.

Entah bagaimana hindari memakainya di kasur secara permanen. Masalahnya saya sendiri juga suka begini. Pikiran “sesekali” menjadi pegangan saya setiap kali saya menggunakan laptop di atas ranjang. Tapi “halah-sesekali” jika berkali-kali itu juga akan merusak laptop. Jangan meletakkan barang berat di atas laptop.

Beberapa orang terbiasa meletakkan barang di laptop yang menganggur. Mulai dari kertas, pensil, buku, handphone, tablet. Kebiasaan memasukkan barang, apalagi yang berat, nantinya juga akan berurusan dengan yang berat. Kemungkinan besar yang rusak adalah layarnya.

Saya sering hanya meletakkan barang-barang berat, kemudian desktop akan berganti tema, tema gelap. Jika Anda telah mengubahnya menjadi tema gelap, kembalikan ke default yang mahal. Biayanya bermacam-macam, tergantung merk laptopnya.

Kalau kerjanya enteng, lebih baik beli netbook lokal yang harganya murah. Jangan pindahkan laptop saat masih menyala. Tanpa disadari, kita sudah terbiasa memindahkan laptop dengan kondisi yang masih menyala.

Biasanya hal ini kita lakukan saat ingin menunjukkan sesuatu kepada seseorang, misalnya menunjukkan hasil pekerjaan kita kepada atasan yang cukup dekat.

Nah, kenapa tidak bisa seperti ini? Laptop menyala, dipastikan hard drive juga menyala. Hard drive berputar. Sekarang, ketika hard disk berputar, jika Anda memindahkannya, disk akan berubah kemiringannya.

Dan tentunya akan ada goresan pada harddisk disk tersebut. Akibatnya, hard disk akan mengalami bad sector, yang merupakan penurunan kecepatan baca / tulis yang signifikan. Semua proses akan lambat. Dan jika Anda rutin melakukan hal-hal seperti itu untuk merawat laptop, maka tinggal menunggu waktu saja sebelum laptop Anda rusak.

Tinggalkan Balasan

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.