Gadget: Apa Itu, Fungsi, & Jenisnya

Apa itu gadget? Gadget adalah perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Tentu anda sudah tidak asing lagi dengan kata gadget tersebut. Sering disebut dengan istilah gawai.

Sebagian orang mengenal gadget dengan sebutan gawai. Sebagian lainnya lebih senang menyebut piranti.Salah satu hal yang membedakan gadget dengan perangkat elektronik lainnya adalah unsur kebaruan.

Dari hari ke hari gadget selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup manusia menjadi lebih praktis. Mulai dari kemunculan telepon pintar seperti Iphone, Blackberry, Android, hingga netbook (perpaduan computer portable dan internet).

Photo by Pixabay on Pexels.com

Majunya teknologi melahirkan beragam gadget sebagai hasil inovasi. Semua orang mulai menggunakan gadget. Mereka menggunakan smartphone, laptop, tablet, dan lainnya.

Keberadaannya sangat bermanfaat meskipun tak sedikit yang menyuarakan efek negatifnya. Walaupun semua orang menggunakan gadget, tapi apakah kamu sudah tahu mengenai berbagai hal terkait dengan gadget?

Baca juga: Smartphone Termahal, Berapa Harganya?

Pengertian Gadget

Secara umum pengertian gadget adalah sebuah perangkat atau sebuah alat elektronik yang mempunyai ukuran relatif kecil. Gadget ini mempunyai fungsi khusus dan juga terbilang sangat praktis untuk digunakan.

Ada juga sebuah pendapat yang beranggapan bahwa gadget adalah sebuah alat elektronik berukuran kecil yang bisa dibawa kemana saja dengan lebih mudah. Gawai ini merupakan alat elektronik portable sehingga tidak harus terhubung dengan stop kontak yang ada aliran listriknya.

Kalau saya menyebut kata gadget, kamu pasti sudah terbayang barang seperti apa itu. Kemungkinan besar kamu juga sudah terbiasa menggunakanya. Kamu mungkin terbiasa menggunakan gadget untuk bermain media sosial, mendengarkan musik, menonton hiburan dan lain sebagainya.

Samakah gadget dengan hp?

Beberapa orang mungkin akan menganggap gadget sama dengan hp. Padahal tidak. Untuk melihat perbedaanya, mari kita ulas lebih dalam soal apa pengertian gadget itu, apa saja macam-macamnya.

Setiap orang memiliki definisi berbeda mengenai apa yang disebut dengan gadget. Tetapi akan lebih bijak bila kita melihat pengertian gadget dari apa yang disebutkan oleh wikipedia, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan secara umum.

Pengertian gadget wikipedia:

Wikipedia berbahasa Inggris mendefinisikan gadget sebagai: a small tool  like as a machine, it has a particular function and often considered as a novelty atau bila diterjemahkan bebas: Gadget adalah alat kecil seperti mesin, ia memiliki fungsi tertentu dan sering dianggap sebagai sesuatu yang baru.

Sedang kalau Wikipedia berbahasa Indonesia menyamakan gadget dengan gawai. Gawai adalah suatu peranti yang memiliki tujuan serta fungsi praktis. Ia secara spesifik dirancang lebih canggih bila dibandingkan dengan dengan perangkat teknologi yang telah diciptakan sebelumnya.

Pengertian gadget menurut kbbi  

Bila kita masukkan kata gadget ke dalam KKBI daring, kita bisa temukan pengertian seperti ini: gad.get /gadgèt/ n. peranti elektronik atau mekanik dengan fungsi praktis; gawai.

Kita bisa cermati beberapa hal dari definisi KBBI di atas.

Pertama; gadget adalah kata benda ditunjukkan dengan kode n (noun). Itu artinya gadget merujuk pada sebuah benda, bukan fungsinya.

Kedua; gadget adalah benda yang berbentuk piranti elektronik atau mekanis yang punya fungsi praktis. Fungsi praktis ini ada beragam, bisa untuk komunikasi, bisa untuk media sosial, bisa untuk mendengarkan musik dan seterusnya.

Ketiga; gadget memiliki padanan kata dengan gawai. Ini sama dengan apa yang disebutkan oleh wikipedia. Gadget adalah bahasa Inggris dan Gawai adalah bahasa Indonesia.

Pengertian gadget secara umum

Secara umum gadget bisa didefinisikan sebagai perangkat elektronik dengan model penggunaan yang praktis dan memiliki fungsi khusus. Fungsinya bisa sebagai media mempermudah pekerjaan, alat komunikasi ataupun sebagai media hiburan dan lain sebagainya.

Gadget bisa pula dikategorikan sebagai perangkat elektronik portable. Hal ini karena gadget bisa digunakan tanpa harus tersambung kedalam stop kontak yang beraliran listrik.

Fungsi Gadget

Gadget ini menjadi bukti adanya perkembangan teknologi. Gadget menjadi teknologi baru yang belakangan ini keberadaannya menjadi suatu hal yang dianggap penting. Saking pentingnya membuat setiap orang kini memiliki gadget. Gadget mempunyai beberapa fungsi yang membuat alat elektronik ini penting untuk dimiliki.

Fungsi dari gadget sendiri adalah sebuah media komunikasi. Fungsi ini sangat dirasakan oleh semua pengguna gadget. Menggunakan gadget setiap orang lebih mudah untuk melakukan komunikasi seperti menggunakan smartphone, smart watch, dan beberapa benda lainnya. Selain itu menggunakan gadget juga memudahkan orang untuk mendapatkan informasi. Menggunakan gadget orang akan mudah mengakses internet, sehingga akan memungkinkan orang untuk mendapatkan informasi lebih mudah.

Fungsi lainnya adalah sebagai media hiburan. Gadget dibuat secara khusus untuk menghibur para penggunanya. Seperti halnya iPod bisa digunakan untuk mendengarkan musik, dengan smartphone ini anda juga bisa membuka video. Selain itu fungsi gadget saat ini sudah menjadi gaya hidup. Melalui sebuah gadget maka gaya hidup seseorang bisa terpengaruh. Setiap pengguna dari gadget bisa berubah gaya hidupnya karena menggunakan gadget ini.

Fungsi gadget lainnya adalah bisa digunakan untuk menambah wawasan. Melalui gadget para penggunanya bisa lebih mudah untuk mengakses berbagai hal. Hal itulah yang menjadikan gadget bisa menambah wawasan seseorang. Walaupun mempunyai fungsi yang baik, gadget juga bisa menimbulkan dampak yang tidak baik pula. Sehingga sebagai pengguna gadget anda harus paham mengenai dampak positif maupun negatif dari penggunaan gadget.

Secara lebih sistemats, berikut beberapa fungsi gadget:

1. Memperlancar Komunikasi

Fungsi gadget paling banyak dirasakan oleh penggunanya adalah sebagai media komunikasi. Hanya dengan berdekatan dengan gadget seseorang bisa berkomunikasi dengan pengguna gadget lainya meski tidak dalam satu tempat yang sama.

2. Mengakses Informasi

Beberapa gadget juga memiliki fungsi untuk mengakses informasi. Informasi bisa kita dapatkan saat kita memegang gadget seperti smartphone, smartwatch dan lain sebagainya.

3. Wawasan Bertambah

Dengan mudahnya kita mengakses informasi dari gadget, berarti kita sedikit lebih maju dan bertambah wawasan kita. komunikasi lancar, informasi mudah tentu akan menambah wawasan.

4. Hiburan

Gadget juga bisa kita gunakan untuk mengakses internet, misalnya saja gadget musik layaknya MP3 dan lainya. kita juga bisa mengakses video dari beberapa jenis gadget.

5. Gaya Hidup

Salah satu fungsi yang tak bisa dikesampingkan adalah kenyataan bahwa gadget memperkuat kepercayaan diri seseorang. Makin mewah gadget yang dimiliki seseorang, makin terlihat pula gaya hidup seseorang.

Jenis Gadget

Setelah memahami pengertian dan fungsi gadget kita bahas berbagai jenis dari gadget. Langsung saja berikut ini penjelasannya.

1. Handphone (HP)/Smartphone

Photo by Keira Burton on Pexels.com

Kita tahu handphone merupakan salah satu jenis gadget yang paling banyak digunakan. Ada beragam handphone ragamnya ada banyak sekali. Bahkan kini sudah eranya smartphone dan meninggalkan featuredphone.

Handphone ada yang menggunakan OS android dan ada yang iOS. Ada beragam merek yang kita kenal seperti Samsung, Iphone, Xiamoi, Vivo, Oppo, LG, Sony Ericson, Nokia, Advan dan masih banyak lagi.

Baca juga: Samsung Galaxy Note 20 Ultra

2. Laptop/Notebook/Komputer

Selain Hp, gadget lain yang banyak penggunanya adalah laptop, komputer atau notebook. Jenis gadget ini paling banyak digunakan untuk mendukung pekerjaan. OS yang mendukung gadget ini juga beragam, ada windows, Mac, Linux, Unix, Solaris dan lain-lain.

3. Tablet

Memiliki bentuk yang sedikit lebih lebar dari hp ada nama tablet. Keunggulan tablet jika dibanding dengan hp tentu saja terletak pada layarnya yang lebih lebar sehingga membuat penggunanya lebih nyaman dalam bermain game, streaming, belajar dan bermain sosial media.

4. iPad All Series

Apple mengeluarkan perpaduan antara tablet dan komputer yang kemudian disebut dengan iPad. Semua aktivitas yang bisa dilakukan oleh komputer bisa dilakukan pula di iPad. Idealnya iPad untuk belajar, tetapi bisa pula untuk menyelesaikan pekerjaan.

5. Kamera Digital

Kamera digital juga masuk dalam kategori atau jenis Gadget. Jenisnya kamera digital ada beragam, ada kamera Poket, kamera DSLR dan juga kamera Mirrorless. Kita bisa gunakan kamera Digital untuk mengabadikan moment penting melalui jepretan foto.

6. Headphone/Headshet

Salah satu cara terbaik menikmati musik adalah dengan menggunakan Gadget Headphone atau headshet. Cara mendengarkan musik menggunakan gadget ini terbilang lebih tenang dan mantap. Menggunakan headphone atau headset saat mendengarkan musik tidak akan mengganggu orang lain.

Selain beberapa macam gadget di atas, juga masih ada beberapa jenis lainya.

7. Mouse Wireless/Mouse Wired

8. Powerbank

9. Media Player (MP3/MP4/Ipod)

10. Kabel Data

11 Chargeran

12. Media Penyimpanan (Harddisk Eksternal, Flashdisk, Memory Card)

13. Speaker

14. Smartwatch dan lain sebagainya.

Satu pemikiran pada “Gadget: Apa Itu, Fungsi, & Jenisnya”

Tinggalkan Balasan

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.