Ilmu Komputer – Memilih berkarier menjadi ahli dan mendalami jurusan komputer tentu merupakan sesuatu yang berharga. Kita memiliki kemampuan yang bisa secara langsung diterapkan dalam ekonomi 4.0 yang berbasis digital. Untuk itulah, pengetahuan teknis atau bahkan teoretis terhadap komputer menjadi penting untuk dimiliki baik yang bekerja dalam bidang sosial maupun sains.

Komputer merupakan piranti yang dapat sanagt membantu pekerjaan kita. Bila anda seorang yang bekerja di bidang sosial, mungkin anda akan terbantu dengan komputer yang membantu menganalisis data dan menyebarkan informasi secara luas untuk mencapai objektivitas riset. Bila anda seorang di bidang sains, sudah tentu anda bisa mencapai berbagai hal yang berbahaya atau tak kasat mata.

Berdasarkan riset dari DIKTI, peminat jurusan Ilmu Komputer di Indonesia sebenarnya banyak. Namun persebaran informasi mengenai institusi apa yang baik dan mana yang sebaiknya diprioritaskan untuk menjadi sasaran akademik mahasiswa dan mahasiswi tak jelas. Kita kerap kali tidak tahu mana institusi yang benar-benar dapat mengajarkan kita praktik komputer dengan baik dan benar.

Karena itu, kali ini kami akan menghadirkan beberapa pilihan dan rekomendasi institusi untuk kamu yang ingin belajar ilmu tentang komputer yang lengkap. Beberapa rekomendasi kami ini tentu didasarkan pada akreditasi KEMENRISTEK-DIKTI. Selain itu, kami juga berupaya menghimpun data dari keterserapan mahasiswa dan lulusan pada pasar tenaga kerja.

Jurusan Ilmu Komputer Unggulan

Jadi beberapa contoh dari jurusan Ilmu Komputer yang kami hadirkan berikut ini merupakan pilihan yang bisa dibilang bisa anda prioritaskan. Ini karena institusi – institusi pendidikan yang kami berikan di sini merupakan institusi dengan metode pengajaran terbaik dan terkini. Bisa dibuktikan dengan akreditasi yang baik dan juga lulusannya sedikit yang menganggur.

ILKOM Universitas Indonesia

Ilmu Komputer UI
Gedung Fakultas Ilmu Komputer UI. Foto: Dok. Fasilkom UI

Akreditasi : A

Kota : Depok/DKI Jakarta

Tentu Universitas Indonesia masuk ke rekomendasi ini. Salah satu yang paling atas, Universitas Indonesia menghadirkan lulusan ilmu komputer yang memiliki reputasi tingkat tinggi. Hal ini lebih dikarenakan sumber daya manusia-nya yang merupakan lulusan-lulusan terbaik. Tingkat serapan ketenagakerjaannya sudah mencapai perusahaan internasional seperti IBM dan Microsoft.

Ilmu Komputer Bina Nusantara

Akreditasi : A

Kota : Grogol/DKI Jakarta

Jurusan Ilmu Komputer merupakan spesialisasi dari universitas swasta Bina Nusantara. Kampus yang disingkat sebagai Binus ini merupakan slah satu kampus swasta ternama yang memang sangat maju dalam pengajaran teori maupun praktik dari studi komputer. Anda akan dibekali dengan keilmuan fisika, digitasi dan juga praktik elektro dari membangun sebuah komputer personal.

Teknik Komputer ITB

Akreditasi : A

Kota : Dago / Bandung

Institut Teknologi Bandung tentu sudah menjadi salah satu yang terdepan dalam pendidikan komputer. Mereka memiliki banyak sekali kemitraan luar negeri yang akan menunjang pembelajaran kamu. Misalnya kamu bisa menghabiskan waktu di Indonesia dan di Jerman selama beberapa tahun untuk mendalami praktik kerja komputer di sana. Ini yang membuat serapan lulusannya optimal.

Jurusan Ilkom Telkom University

Akreditasi : B

Kota : Dago/ Bandung

Tel U, singkatan dari Telkom University merupakan kampus yang dikelola di bawah BUMN Telkom Indonesia. Tentu di sini jurusan komputernya cukup impresif dengan banyak pengajar yang juga praktisi dan juga lulusan dalam dan luar negeri. Menariknya, sebagai turunan dari Telkom, maka kesempatan kamu untuk langsung kerja setelah menamatkan Ilmu Komputer terbuka lebar ke sana.

Jurusan Komputer ITS

Akreditasi : A

Kota : Surabaya

Institut Teknologi Sepuluh November – sering disalah tuliskan sebagai Institut Teknologi Surabaya. Ia bisa dibilang salah satu kompetitor utama untuk menjadi jurusan ilmu komputer paling bagus di Indonesia. Sebagai kampus negeri, lulusannya sudah sangat banyak yang berkarier atau membangun perusahaan rintisan di bidang komputasi baik fisik maupun awan.

Apa sih Yang Dipelajari di Ilmu Komputer?

Ketika kamu mempelajari Ilmu Komputer, kamu akan mempelajari sisi teori dan praktik. Sisi teori misalnya mencoba membangun pemikiran kam terhadap komputer – apa sih komputer itu? Bagaimana sih komputer itu bekerja? Sementara di sisi lain, kamu juga akan belajar mengenai bagian-bagian yang membentuk sebuah komputer. Akhirnya, kamu akan mencari cara bagaimana membangun PC.

Jadi komputer tidak hanya membuat permainan, program, atau pencet-pencet. Justru lebih dalam lagi, ilmu komputer bahkan sekarang sudah masuk dalam penjurusan seperti komputasi awan. Komputasi awan alias cloud computing merupakan pembelajaran yang memfokuskan diri pada bagaimana kita bisa menyimpan data tanpa harus memenuhi memori di dalam perangkat laptop atau HP.

Selain itu, Ilmu Komputer juga mengajarkan kamu mengenai program. Anda mungkin tertarik untuk menggunakan komputer untuk memecahkan masalah-masalah tertentu, nah di sini anda akan diajari bagaimana membangun sistem program dan juga perangkat untuk menyelesaikan masalah tersebut. 

Anda juga bisa mempelajari soal bagaimana mengajarkan mesin untuk menjadi pintar. Pernahkah anda membuka internet dan ditanya ‘apakah kamu robot?’. Ketika anda menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, anda sebenarnya secara tidak langsung sedang memberi robot digital pelajaran untuk mengenal visual dan objek gambar yang tak tertulis.

Anda juga bisa mempelajari lagi lebih dalam tentang kecerdasan buatan. Anda mungkin tidak akan membangun sebuah robot yang cerdas seperti Sofia (karena memang sulit dan dibutuhkan kolaborasi yang besar). Namun anda akan mempelajari bagaimana sebuah robot sapu bisa mengenali mana objek yang perlu disapu dan mana objek yang pelu ditinggalkan saja dalam Ilmu Komputer.

Baca juga: Bagian-bagian Komputer

Karier di Masa Depan

Ilmu mengenai komputer dan komputasi mesin bisa dibilang akan semakin dibutuhkan di masa depan. Baik anda yang bekerja di bidang kemasyarakatan seperti politik, ekonomi dan sosial maupun penelitian sains, biologi, dan mekanik. Tentunya sebagai salah satu pilar bagaimana meningkatkan produktivitas dan juga memperkuat hasil dan kualitas perusahaan.

Di masa depan, anda bisa bekerja sebagai pebisnis dan menjadi penjual beli atau importir teknologi. Tak hanya komputer personal – mungkin saja anda bisa memperjual belikan sistem seperti yang dilakukan Amazon Web Service atau Telkom Telstra. Anda bisa membantu dengan Ilmu Komputer untuk menciptakan server dan jaringan bagi aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh programmer.

Selain itu, anda juga bisa menjadi ahli teknologi di dalam sebuah perusahaan. Baik mendesain produk teknologi agar bisa terus mengikuti dinamika jaman yang cepat berubah maupun juga untuk membangun produk baru dari nol seperti yang dilakukan Apple dengan macintosh yang berevolusi untuk menjadi komputer premium dan mewah seperti MacBook dan juga iPhone.

Tak berhenti di sana, seorang lulusan dari jurusan Ilmu Komputer juga sangat dicari oleh berbagai instansi pemerintah untuk membangun infrastruktur teknologi dan digitalisasi untuk memperkuat berbagai kebutuhan dan layanan masyarakat. Hal ini memiliki spesifikasi yang berbeda-beda dan tentunya membutuhkan pengetahuan dan peminatan yang berbeda pula.

Karena itu, jangan ragu untuk memilih jurusan Ilmu Komputer. Sejujurnya, kampus apapun bisa cukup mempermudah jalan anda menjadi ahli komputer. Namun masuk ke kampus unggulan biasanya membantu anda untuk mengamati perkembangan teknologi terbaru dan menyusun kenalan-kenalan maupun mendapatkan sumber informasi yang sangat relevan untuk masa depan karier anda.