Market Share Adalah Kunci untuk Menjadi Pemimpin Pasar

Market share adalah persentase dari total penjualan dalam industri tertentu yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan tertentu. 

Market share sering disebut juga dengan istilah pangsa pasar. 

Penghitungan market share diperoleh dari penjualan perusahaan selama periode tertentu dibagi total penjualan industri di mana perusahaan bergerak selama periode tersebut.

Metrik market share berguna untuk memberikan gambaran umum tentang ukuran perusahaan dalam kaitannya dengan pasar dan kompetitornya. 

Perusahaan yang memperoleh market share atau pangsa pasar terbesar disebut  market leader atau pemimpin pasar.

Memahami Market Share

Dari judul-judul berita tangkapan layar hasil pencarian google news ini, kita bisa lebih memahami apa itu market share.

Mari kita lebih memahami apa itu market share dari berita bertajuk “Xiaomi Pimpin Pasar Smartphone Android 5G di Q2 2021, Market Share Hampir 26 Persen” yang dilansir iNews pada 10/8/2021.

Xiaomi menjadi market leader untuk Smartpohone Android 5G dengan menguasai 26 persen market share pada Q2 2021. 

Berdasarkan laporan Strategy Analytics, total 95 juta smartphone Android 5G terjual secara global selama periode waktu tersebut. Xiaomi berhasil menjual 24 juta unit.

Realme berada di urutan kedua dalam market share dengan membukukan penjulan 5,6 juta untuk produk tersebut.

Posisi ketiga ditempati OnePlus yang berada di urutan ketiga. Sayangnya dalam berita tersebut tidak disebutkan berapa jumlah penjualan dan persentasenya secara keseluruhan.

Meskipun data yang ditampilkan tidak lengkap, namun cukup memberikan gambaran yang jelas untuk memahami apa itu market share alias pangsa pasar dan apa itu market leader, bukan?

Manfaat Market Share

Memahami apa itu market share sangat penting apabila kita tengah memonitor dan menganalisis performa sebuah perusahaan. Pun berguna bila kita berada dalam posisi sebagai perusahaan atau pebisnis yang mencoba memenangkan kompetisi.

Perusahaan bisa mengukur skala usaha. Dari situ menentukan strategi mempertahankan kinerja dan menjaga bila berada dalam posisi market leader.

Bila market share belum menjadi yang terbesar, sangat berguna melihat berada di posisi berapa dan menerapkan strategi untuk meningkatkan market share.

Bagaimana strategi perusahaan meningkatkan market share?

Setiap perusahaan tentu saja ingin terus meningkakan pangsa pasar atau market share. Keuntungan lebih besar akan diraih bila berhasil menjadi market leader.

Berikut ini sejumlah strategi yang biasa diterapkan perusahaan untuk meningkatkan market share:

1. Teknologi Baru

Salah satu metode paling populer untuk meningkatkan market share adalah dengan mengembangkan inovasi. Perusahaan berlomba-lomba mengembangkan dan menerapkan teknologi terbaru, kalau bisa sesuatu yang kompetitor belum menggunakannya.

2. Menjaga Loyalitas Customer

Dengan hubungan pelanggan yang baik, perusahaan bisa menjaga market share bertahan. Semakin banyak customer loyal, tentu saja market share akan meningkat. Sebaliknya, bila kepuasan pelanggan  tidak dijaga sangat berisiko market share drop.

3. Memperkuat SDM

SDM yang berkualitas akan membuat kualitas produk dan layanan semakin baik. Dengan begitu market share terus terjaga.

Persoalan SDM berkualitas ini sering menjadi isu besar di antara perusahaan besar. Bajak membajak talenta berbakat sering kita baca beritanya di media massa.

Selain itu tentu saja, perusahaan terus mengembangkan kualitas karyawannya dengan sejumlah program yang terstruktur, sistematis, dan masif. Misalnya saja program training berkelanjutan, benefit menarik, dan semacamnya untuk meningkatkan performa karyawan.

4. Akuisisi baru

Sebagaimana sudah disinggung di atas tentang pentingnya menjaga loyalitas pelanggan, perusahaan berlomba-lomba untuk mengakuisisi pelanggan pesaing menjadi pelanggannya. Akuisisi pelanggan baru bisa dibilang strategi agresif. Untuk bisa melakukan itu dengan nyaman tentu saja dilakukan setelah pertahanan cukup kuat.

Dari paparan di atas sudah paham kan apa itu market share dan manfaatnya untuk perusahaan agar bisa menjadi market leader. Market share adalah metrik penting yang selalu dimonitor dan dianalisis baik dari dalam maupun luar perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.