Teknologi gimbal sebelumnya telah banyak dikenal oleh para pengguna telepon pintar sebagai alat untuk menstabilkan gambar ketika mengambil video. Alat ini dijual terpisah dan merupakan pelengkap bagi smartphone. Sebagian orang mungkin akan merasa repot ketika harus menggunakan alat tambahan pada telepon pintar mereka. Kini, Vivo X50 Pro hadir menawarkan ponsel yang dilengkapi dengan teknologi gimbal.

Teknologi Gimbal Stabilization yang diadopsi oleh ponsel Vivo seri X50 ini mampu meningkatkan kualitas foto dan video secara signifikan. Bodi ponsel yang ramping memberikan kesan sederhana namun elegan. X50 Pro memiliki suspensi bola ganda dimana dudukan dari suspensi tersebut berfungsi untuk meletakkan sistem kamera gimbal. Untuk memperoleh stabilisasi 3D, fitur ini menggunakan pergerakan mekanis.

Spesifikasi Ponsel Vivo X50 Pro

Ponsel besutan Vivo yang dirilis pada tanggal 12 Juni 2020 ini memiliki berat 181,5 gr sehingga terasa sangat ringan. Layar depan dari ponsel Vivo X50 Pro dibuat melengkung dan ketebalan ponsel hanya 8 mm. Kamera punch-hole yang dimiliki oleh X50 Pro sama dengan seri yang rilis sebelumnya yaitu Vivo V19.

Hardware dan Software

Menyematkan platform OS Android 10 dan Funtouch 10.5, X50 Pro memiliki chipset Qualcomm SDM Snapdragon 765G (7nm).  Ponsel ini tidak dilengkapi dengan slot kartu namun memiliki kapasitas penyimpanan internal atau internal storage yang cukup besar. Tersedia dua pilihan kapasitas penyimpanan yaitu 128 GB 8 GB RAM dan 256 GB 8 GB RAM.

Kamera

Vivo X50 Pro memiliki empat sensor kamera di bagian belakang bodi ponsel. Sensor utama memiliki resolusi sebesar 48MP. Sensor selanjutnya memiliki resolusi 13MP Portrait, 8MP telephoto, 8MP ultra-wide. Keempat sensor tersebut memiliki laser autofocus dan triple-LED dual-tone flash.

Sensor yang digunakan pada kamera utama adalah sensor kamera Sony IMX598 48MP dengan ukuran piksel 0,8um dan bukaan f/1.6. Sistem micro-gimbal pada ponsel ini disematkan hanya pada kamera utama. Mekanisme sistem micro-gimbal akan terasa atau terdengar seperti sedang bergerak jika berada di tempat yang sunyi.

Menu kalibrasi khusus yang dimiliki oleh ponsel akan menggerakkan sensor ke segala arah apabila ditekan. Menu ini dapat ditemukan pada bagian pengaturan. Untuk mengetahui apakah gimbal berada pada posisi stabil di tengah atau tidak, perhatikan radar yang terdapat pada layar bagian depan ponsel.

Kualitas foto yang detail dapat dihasilkan oleh kamera utama Vivo X50 Pro. Meski kamera utama ini memiliki resolusi 48MP, namun secara default foto yang dihasilkan hanyalah beresolusi 12MP. Meski demikian, resolusi yang dihasilkan masih bisa dimaksimalkan hingga 48MP. 

Fungsi Auto Fokus

Fungsi auto fokus yang dimiliki X50 Pro ini sangat membantu untuk mengunci obyek yang diinginkan agar fokus kamera hanya pada obbyek tersebut. Untuk menstabilkan titik pusat gambar dan memilih obyek yang akan dijadikan fokus, maka dapat menggunakan fungsi autozoom sehingga diperoleh fokus yang detail.

Teknologi 3D Sound Tracking yang dimiliki oleh Vivo X50 Pro memungkinkan untuk pengguna ponsel bisa mengunci suara. Hal ini membuat suara hanya terfokus pada obyek yang diinginkan. Pada aplikasi kamera, Vivo menyediakan aneka ragam fitur fokus mulai dari mendeteksi obyek hingga mendeteksi mata obyek.

Baterai Vivo X50 Pro

Meski memiliki bodi yang ramping, namun Vivo menanamkan baterai dengan kapasitas yang cukup besar pada seri X50 Pro yaitu sebesar 4,315 mAH. Dengan kapasitas sebesar itu, dapat diandaikan bahwa baterai ponsel ini mampu bertahan untuk penggunaan selama satu hari. Pengisian daya baterai dengan menggunakan charger bawaan bisa berlangsung cukup cepat karena didukung teknologi Vivo flashcharge 2.0.

Teknologi gimbal stabilization yang menjadi salah satu andalan dari ponsel Vivo X50 Pro ini terbukti mampu meningkatkan kualitas video dan foto yang dihasilkan. Untuk pemotretan atau pengambilan video pada malam hari juga sangat memudahkan para penggunanya. Penasaran dengan teknologi gimbal yang dimiliki X50 Pro? Siapkan dana sekitar 10 juta rupiah untuk bisa membawa pulang ponsel tersebut yah, Gadgeters.

Join the Conversation

1 Comment

Leave a comment

Tinggalkan Balasan