Tablet terbaik

Tips Memilih Tablet Terbaik yang Sesuai Kebutuhan & Budget Anda

Tren penjualan tablet dilaporkan terus naik seiring adaptasi kebiasaan bekerja dan belajar dari rumah akibat pandemi Covid-19. Laporan Canalys, pada kuartal 1 2021 angka penjualan tablet melonjak hingga 51,8% dibandingkan kuartal sama tahun lalu.

Tak heran bila belakangan pabrikan berlomba-lomba menghadirkan tablet terbaik di kelas masing-masing. Pasaran makin ramai dengan tablet terbaik kisaran harga mulai 1 jutaan, 2 jutaan, 3 jutaan, 4 jutaan, hingga di atas 10 jutaan.

Tentu saja, masing-masing tablet memiliki spesifikasi masing-masing. Anda perlu pintar-pintar memilih mana tablet terbaik yang pas baik untuk kebutuhan belajar, kerja, atau multimedia hingga bermain game.

Tablet merupakan gadget yang berada di posisi antara dalam hal ukuran antara smartphone dan laptop. Orang memilih tablet untuk mendapatkan layar yang lebih besar dari smartphone tapi lebih fleksibel ditenteng bila dibandingkan dengan laptop atau PC.

Ini tips memilih tablet terbaik

Anda sekarang sedang membutuhkan tablet dan hendak mencari tablet terbaik. Tapi, dengan banyaknya tablet yang beredar di pasaran menjadi bingung memilih mana yang pas untuk kebutuhan dan juga budget.

Ada sejumlah faktor yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih tablet. Berikut ini tips yang bisa kita gunakan sebagai bahan pertimbangan.

1. Ukuran yang nyaman

Ukuran tablet beragam. Misalnya saja ukuran layar 7-8 inci hingga di atas 10 inci. Varian ukuran presisinya beragam di pasaran.

Pilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan. Apakah perlu tablet yang bisa dipegang satu tangan dengan nyaman ataukah perlu layar yang lebar tapi tetap fleksibel di bawa dan dipakai dalam segala posisi.

Anda bisa memilih ukuran 8 inci untuk kemudahan menggunakannya karena nyaman dipegang satu tangan. Ukuran ini lebih besar dari kebanyakan smartphone sehingga lebih nyaman saat membaca atau menggunakan aplikasi baik android maupun iOS.

Bila lebih sering menggunakan untuk kebutuhan multimedia dan butuh layar yang lebih besar, Anda bisa memilih yang 10 inci atau lebih besar. Tentu lebih asyik menonton film dari tablet dengan layar 10 inci atau yang lebih besar, bukan? 

2. Spesifikasi tablet

Spesifikasi tablet sangat penting diperhatikan sebelum memutuskan membeli agar tak kecewa. Tentu saja spesifikasi yang lebih tinggi butuh budget yang lebih tinggi juga.

Anda harus pintar-pintar membaca spesifikasi seperti misalnya RAM, ROM, kualitas kamera, kapasitas baterai, CPU dan fitur lainnya.

Tak perlu misalnya memaksakan spesifikasi yang sangat tinggi untuk kebutuhan yang sebenarnya cukup memadai dengan yang spesifikasinya sedang.

Pun jangan bermimpi mendapatkan kepuasan untuk kerja atau main game dengan tablet yang spesifikasinya rendah. Ini hal yang sangat penting diperhatikan.

Jangan sampai kelewatan periksa jeis tablet menggunakan koneksi wifi saja atau jenis tablet yang dilengkapi dengan slot kartu SIM. 

Ini penting karena perlu menyesuaikan dengan kebutuhan. Apakah tablet akan dipakai hanya di rumah atau kantor saja sehingga selalu terkoneksi wifi otomatis ataukah juga dipakai saat bepergian. 

Bila Anda perlu memakai saat bepergian dan mobilitasnya cukup sering perlu mempertimbangkan tablet yang ada slot kartu SIM sehingga bisa selalu terkoneksi dengan mobile data.

3. Cek perbandingan harga 

Teliti sebelum membeli. Saat ini banyak tempat baik offline maupun online menawarkan tablet serupa. 

Makin banyak review tablet terbaik yang bisa Anda akses di internet baik berupa artikel hingga ulasan video. Sempatkan untuk membaca, menyimak, dan menimbang sebelum memutuskan membeli.

Artikel review tablet terbaik seperti di ceklist.id misalnya, memberikan rekomendasi daftar tablet terbaik 2021 yang bisa Anda jadikan referensi.

Tinggalkan Balasan

Adblock Detected!

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.